SELAMAT DATANG DI SHARING INFORMATION KOMPUTER

Minggu, 04 Desember 2011

Sistem Roket dan Peristilahan

Roket merupakan wahana luar angkasa, peluru kendali, atau kendaraan terbang yang mendapatkan dorongan melalui reaksi roket terhadap keluarnya secara cepat bahan fluida dari keluaran mesin roket. Aksi dari keluaran dalam ruang bakar dan nozle pengembang, mampu membuat gas mengalir dengan kecepatan hipersonik sehingga menimbulkan dorongan reaktif yang besar untuk roket (sebanding dengan reaksi balasan sesuai dengan Hukum Pergerakan Newton ke 3). Seringkali definisi roket digunakan untuk merujuk kepada mesin roket.



  1.  RUM (Roket Uji Muatan) adalah jenis roket yang digunakan untuk melakukan pengujian muatan dan digunakan sebagai fasilitas lomba muatan tingkat perguruan tinggi.
  2. Telemetri adalah pengukuran besaran tertentu yang dilakukan dari jarak jauh.
  3. Muatan roket (payload) adalah substansi yang dibawa di dalam roket, dapat sebagai payload pengindera dinamik roket itu sendiri atau sebagai misi tertentu, misalnya muatan sensor meteorologi (sonda).
  4. Attitude roket adalah sikap atau perilaku atau pola gerak roket seperti pola trajektori peluncuran, aspek-aspek dinamik seperti percepatan, kecepatan dan arah hadap roket termasuk roll (guling), pitch (angguk) dan yaw (geleng).
  5. Separasi adalah pemisahan antara motor roket dan payload. 
  6. Timer adalah sistem elektronik dan atau mekanik di dalam muatan roket untuk mengatur waktu terjadinya separasi.
  7. Launcher adalah alat peluncur roket di darat.
  8. Firing adalah alat untuk menyalakan roket.
  9. Integrasi roket adalah proses pemasangan muatan ke dalam ruang payload roket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar