SELAMAT DATANG DI SHARING INFORMATION KOMPUTER

Sabtu, 06 April 2013

"SEJARAH TARIAN HANOMAN"

             

                 Dalam mitologi Hindu, Hanoman itu pahlawan berujud kera putih yang berjalan tegak seperti manusia. Ia memang kera bibit unggul, anak seorang peri parahyangan dan Dewa Bayu (Dewa angin puyuh). Ia mengabdi sebagai intel tentara Rama di tengah kerajaan jin Rahwana. Ketika diketahui belangnya dan ditangkap untuk dijadikan kera bakar bumbu kecap, ia malah menyulut seluruh kota Lanka dengan ekornya yang menyala..

Hanoman nyengir

          Ini semua gara-gara pacar dewa Rama bernama dewi Shinta telah diculik oleh raja jin Rahwana bin Dasamuka. Jin ini disebut Dasamuka, karena kalau sedang marah ia tidak hanya bermuka dua, tapi sepuluh sekaligus.

        Kesaktian Hanoman benar-benar melegenda. Sesudah menyebar jago merah di kota Lanka, ia terbang ke Himalaya untuk menggotong gunung berisi tanaman obat nenek moyang. Rama memesan obat-obatan ini untuk menyembuhkan luka balatentaranya di garis depan pertempuran. Kalau tentara Rama menyeberang selat antara India dan Lanka (Srilanka sekarang) melalui tanggul yang dibangun pasukan zeni tentara biasa, Hanoman menyeberangi selat itu hanya dengan satu loncatan lepas landas. Ah, ini bisa saja terjadi, karena ia memang anak Batara Bayu (dewa angin puyuh).

        Ternyata Hanoman juga populer di Jepang. Banyak kuil dibangun untuknya, karena dipercaya menyebar ketenteraman batin dan kesejahteraan spiritual. .

 terimakasih atas kunjunganya Semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar