SELAMAT DATANG DI SHARING INFORMATION KOMPUTER

Selasa, 29 November 2011

Komputer Open Source Terkecil



Telah dikembangkan komputer dengan bentuk skala kecil yang diberi nama Linuxstamp, dari namanya tentu saja mendukung open-source dan hanya menggunakan 6 Intergrated Circuit (IC). Komputer kecil ini telah di demonstrasikan minggu ini dalam acara ?Linux Garage? dari LinuxWorld yang mengusung tema Linux dan Lego ?
Berbasis Robot.

Linuxstamp di desain oleh Paul Thomas, yang juga mengungkapkan bahwa Linuxstamp dikembangkan dengan menggunakan Atmel AT91RM9200 yang berbasis ARM9 dengan kemampuan 180Mhz. Selain itu komputer ini menggunakan board dengan dukungan 32MB SDRAM, dan juga perangkat penyimpan sebesar 8MB dari SPI Dataflash serta mempunyai sebuah SD card slot.

Dengan menggunakan dual-layer PCB sederhana yang hanya menggunakan 6 IC untuk: processor, flash, RAM, USB serial port, Ethernet PHY, dan perangkat pengubah energi, komputer ini benar-benar luar biasa, apalagi dengan port USB yang mendukung Wifi adapter, flash drive, dan perangkat USB lainnya, ditambah lagi inputan power yang sangat kecil yaitu berkisar antara 3.3-5.5 volt.

Linuxstamp sendiri menggunakan sebuah kernel dengan filesystem yang minimalis yang berbasis Debian. Berikut detail dari Linuxstamp:
? Processor?Atmel AT91RM9200 180Mhz
? Memory?32MB SDRAM
? Flash?8MB SPI Dataflash
? Storage?1 x SD card slot
? Networking ? 1?10/100 Ethernet
? USB ?1 x USB host port
? Power?48v -> 5v
? Debug?Serial debug port and JTAG port
? Operating system?minimal kernel.org filesystem or Debian distro

Pada acara Linux Garage tersebut, Paul Thomas menunjukan sebuah mobil robotik remote control dengan bahan konstruksi dari lego dengan Linuxstamp sebagai otak pusatnya, selain itu Paul Thomas juga memperlihatkan kehandalan robot ini menggunakan USB Wifi adapter pada USB port-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar