SELAMAT DATANG DI SHARING INFORMATION KOMPUTER

Senin, 12 Desember 2011

Tema untuk Kontes Robot Indonesia 2012

                                   “Grebeg Berkah Kedamaian dan Kesejahteraan”

Tema ini diselaraskan dengan tema yang telah ditentukan oleh ABU Robocon 2012 yaitu
                                                “Peng On Dai Gat”,
                                   In Pursuit of Peace and Prosperity

Sistim Pertandingan
  1. • Setiap tim harus membuat satu robot manual dan satu robot otomatis dan satu robot Kolektor, berat total robot tidak boleh melebihi 50 kg, batas tegangan catudaya tidak melebihi 24 V.
  2. • Ukuran lapangan 13000mm x 13000mm, berbentuk persegi, dikelilingi dinding kayu setinggi100mm dan tebal 50mm, terbagi dua bagian yang dipisahkan dengan kayu setinggi 100mm dan tebal 50mm masing-masing untuk tim Merah dan tim Biru yang bertanding.
  3. • Arena lapangan pertandingan terdiri dari Manual Robot Zone, Automatic Robot Zone, Start zone, re-Start zone, Common Zone, Loading zones dan an island.
  4. • Diatas automatic robot zone terdapat garis putih setebal 30mm dari bahan sticker matt, sisi dalam segiempat yang terbentuk berukuran 470mm. Automatic dan manual zone dipisahkan dengan kayu setinggi 100mm dan tebal 50mm
  5. • Common Zone berbentuk segiempat berukuran 500mm x 1985mm, setinggi 100mm, berwarna kuning. Dipermukaan nya terdapat dua buah lubang berbentuk lingkaran berdiameter 452mm sedalam 12mm. Dua buah basket diletakkan diatas kedua lubang ini. Setiap tim hanya boleh mengambil satu buah basket saja.
  6. • Basket berdiameter 450mm dengan tinggi 400mm, dengan berat sebesar 2,85 kg.
  7. • The Island merupakan sebuah box berbentuk segiempat, diatasnya terdapat “the bun tower”..
  8. • The Tunnel (terowongan) terdapat dalam manual robot zone, bagian dalam nya berukuran panjang 2040mm dan lebar 1200mm. Bagian atas berbentuk lengkungan dengan titik tertinggi berjarak 1600mm dari lantai. Disisi tunnel terdapat sebuah Token-box berukuran 100mm x 400mm sebagai tempat untuk dimasukkan token.
  9. • Token berupa lempengan berbentuk lingkaran berdiameter 300mm setebal 20mm, dan berat 170 gram, terbuat dari “low density polystyrene”. Token diletakkan diatas Token Stand yang terdapat didalam manual robot zone.
  10. • The Bridge merupakan bagian berbentuk trapesium dengan panjang 3500rpm, lebar 1970mm dan tinggi 300mm. The Bridge berada didalam automatic robot zone.
  11. • Dalam manual robot zone dan automatic robot zone terdapat pembatas dari kayu berukuran tinggi 100mm dan tebal 50mm, yang mengharuskan robot bergerak zig-zag melewati sisi pembatas tersebut.
  12. • Operator robot manual naik keatas robot manual sebelum lomba dimulai. Operator mengatur navigasi robot manual dimulai dari starting point M menuju ke Token Stand, mengambil Token, kemudian menuju ke tunnel. Sebelum masuk ke dalam tunnel, robot manual memasukkan token kedalam token-box tanpa menyentuh token-box.
  13. • Setelah Token dimasukkan kedalam token-box, Robot Otomatis boleh di start untuk mengambil satu basket yang berada didalam common-zone, dan memindahkan nya ke dalam manual robot zone.
  14. • Robot manual bergerak melalui tunnel, menuju start point C dimana collector robot berada, dan mengangkat serta membawa collector robot sampai diatas loading Area 1, kemudian memindahkan nya ke atas automatic robot.
  15. • Robot manual mengambil basket yang ditinggalkan oleh robot otomatik didalam manual zone, menuju ke island, dan meletakkan basket diatas island pada posisi yang telah ditentukan.
  16. • Robot Otomatik membawa Collector robot melewati bridge dan meletakkan nya diatas loading zone L2 atau L3.
  17. • Apabila diletakkan diatas loading area L2, Collector robot dapat bergerak meninggalkan robot otomatik dan memanjat sendiri keatas Island. Kemudian mengambil buns berwarna kuning dan hijau dari bun tower, lalu memasukkan nya kedalam basket.
  18. • Apabila diletakkan diatas loading zone L3, Collector robot dapat diangkut oleh manual robot menuju ke island dan meletakkan Collector robot keatas island. Kemudian Collector robot mengambil buns berwarna kuning dan hijau dari bun tower, lalu memasukkan nya kedalam basket.
  19. • Setelah itu, robot manual boleh mengangkat collector robot keatas untuk mengambil buns berwarna ungu dan memasukkan nya kedalam basket.
  20. • Tim yang pertama berhasil memasukkan buns ungu kedalam basket, disebut mencapai “Peng On Dai Gat”, langsung dinyatakan sebagai Pemenang, dan pertandingan dihentikan.
  21. • Jika tidak ada yang mencapai “Peng On Dai Gat” dalam 3(tiga) menit, maka pemenang akan ditentukan dari jumlah nilai point yang berhasil dikumpulkan dari tugas yang berhasil diselesaikan oleh robot. Tim yang mengumpulkan nilai tertinggi dinyatakan sebagai pemenang. Peraturan selengkapnya dapat dibaca pada lampiran A dari buku panduan ini.


    Sumber : dp2dikti.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar