SELAMAT DATANG DI SHARING INFORMATION KOMPUTER

Kamis, 08 Desember 2011

ARRAY, STRUKTUR dan POINTER

Algoritma adalah deskripsi langkah-langkah penyelesaian masalah yang tersusun secara logis. Sedangkan struktur data adalah kelompok item data yang terorganisasi yang dianggap sebagai suatu unit. Disebut juga sebagai jenis data kompleks (complex data type) atau data aggregates.
Beberapa struktur data : array (larik),  record(struktur), pointer, dll
ARRAY
Array adalah kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama. Nilai-nilai data di suatu array disebut dengan elemen-elemen array. Setiap elemen array dapat diakses dan dibedakan melalui indeks array.
Menurut dimensinya array dibedakan menjadi  :
  1. Array berdimensi satu : pada array dimensi satu, setiap elemen array dapat diakses melalui indexnya. Secara default indexnya dimulai dari 0. Deklarasi array : tipe nama_variabel[ukuran]
  2. Array berdimensi dua : array dua dimensi merupakan array yang terdiri dari m buah baris dan n buah buah kolom. Bentuknya dapat berupa matriks atau tabel. Deklarasi array : tipe nama_variabel[baris][kolom]
  3. Array multidimensi : array multidimensi merupakan array yang mempunyai ukuran lebih dari dua. Bentuk pendeklarasian array multidimensi sama saja dengan deklarasi array dimensi satu maupun dimensi dua. Deklarasi array : tipe nama_variabel[ukuran1][ukuran2]…[ukuranN]
Suatu array dapat diinisialisasi array yaitu dengan memakai tanda kurung kurawal {}.
Contoh: int X[7]  = {5,6,4,5,5,5,6}
STRUKTUR
Struct adalah tipe data yang dapat melakukan penyimpanan beberapa data yang saling terkait sebagai suatu kesatuan, sehingga data-data tersebut seakan-akan menjadi suatu data tunggal. Pembuatan tipe data baru dalam C dilakukan dengan menggunakan kata kunci struct.
Pendeklarasian struct:  struct  nama_struktur {
tipe1  data1;
tipe2 data2;

tipen datan; } var_1, var_2, …, var_n
POINTER
Di dalam suatu struktur, memungkinkan elemen yang berada di dalamnya juga berupa suatu struktur. Elemen dari struktur dapat diakses dengan bentuk :
variabel_struktur.nama_field
Pointer adalah tipe data yang berfungsi untukmenunjuk tipe data lain. Pointer bersifat dinamis. Variabel pointer sering dikatakan sebagai variabel yang menunjuk ke obyek lain.
Pendeklarasian pointer:
tipe *nama_variabel
Percobaan 1 – Fibonaci (1)

Percobaan 2 – Fibonaci (2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar